Harga Ikan Laut Melonjak Pada Saat Lebaran

Harga jual ikan laut di pasaran khususnya di TPI Cilacap mengalami kenaikan meski belum signifikan. Seperti harga ikan kembung banjar yang kini mencapai Rp25.000-30.00 per kg, udang Rp65.000-80.000 per kg, cumi-cumi Rp50.000-80.000 per kg.

 

Karsim, salah seorang penjual ikan di TPI Cilacap mengatakan, ikan yang ia jual saat ini harganya cenderung naik dan mempengaruhi nilai pendapatan yang ia terima dalam seharinya. “Ikan laut harganya lagi naik, yang biasanya harga ikan itu paling mahal kisaran harga Rp20.000- 40.000 per kg, sekarang di atas bisa capai Rp40.000 per kg,” ungkap Karsim, Kamis (11/4/24).

 

Dia yang mengaku pernah menjadi nelayan ini menduga ada beberapa hal yang mempengaruhi hingga menyebabkan harga ikan melonjak naik. Menurutnya, penyebab yang membuat harga ikan laut itu melonjak di pasaran karena adanya angin yang kencang pada saat malam hari, sehingga membuat para nelayan kesulitan menangkap ikan di lautan.”Biasanya yang buat harga ikan melonjak karna itu, tingkat kesulitan mencari ikan juga bisa membuat harga ikan mahal,” ungkapnya.

Karsim menjelaskan, melonjaknya harga ikan tersebut akan terjadi ketika sebelum puasa dan  pada saat Idulfitri. Harga ikan laut, pada saat sebelum bulan puasa hingga Idulfitri tidak begitu tinggi jika dibandingkan dengan harga yang sekarang. “Kemarin sempat harganya turun beberapa bulan yang lalu, tapi ini naik lagi, emang kadang ikan harganya enggak menentu,” paparnya.

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *