Ingin Terbebas dari Macet, Pengendara Abaikan Bahaya Lawan Arah di Jalan

Kendaraan dari arah timur penuhi badan dan bahu jalan (sumber: dokumentasi pribadi)

Sampang – Sejumlah kendaraan dari arah timur nekat melawan arah di Jalan Raya Sampang-Buntu, Sampang, Cilacap pada Senin (15/4/2024). Kemacetan panjang dari pertigaan Sampang, Cilacap hingga perempatan Buntu, Banyumas sukses membuat frustasi para pengguna jalan yang sebagian besar merupakan pemudik.

Aksi lawan arah di jalan nasional ini dilakukan oleh berbagai jenis kendaraan, mulai dari sepeda motor, mobil, hingga bus pariwisata.  Guna memangkas lama perjalanan yang molor lantaran macet, pengendara seolah lupa dengan bahaya yang mengintai.

Terpantau pada pukul 14.37 empat baris kendaraan dari arah timur berjejer memenuhi seluruh badan dan bahu jalan. Hal tersebut mengakibatkan laju kendaraan dari arah barat terhenti. Pengendara yang terjebak macet meluapkan kekesalannya dengan terus membunyikan klakson. Membutuhkan waktu yang cukup lama sampai jalan kembali normal.

Laju kendaraan dari arah barat terhenti (sumber: dokumen pribadi)

Mudasir (57) salah seorang warga mengungkapkan keresahannya terhadap para pengendara nakal di jalan.

“Soalnya kan melewati bahu jalan dan trotoar sedangkan itu untuk pejalan kaki dan pedagang-pedagang kecil gitulah, jadi penduduk di sini itu kaya takut karena yang pengguna jalan gak tau aturan, maunya di depan semua, mendahului semua, melawan arah melawan apa gak peduli begitu” tuturnya.

Dengan melawan arah, pengendara hanya memperparah kemacetan dan meningkatkan resiko kecelakaan lalu lintas. Pengendara tidak hanya membahayakan diri sendiri namun juga membahayakan orang lain. Keresahan yang dirasakan warga sekitar merupakan hal valid.

“Peraturan jalan kan ada garis tengah apa garis kuning itu, yang dari timur seharusnya ya di kiri di kiri terus… jangan di sebelah kanan ngelewati garis kuning, seharusnya begitu. Begitu juga yang dari barat jangan mengambil jalur kanan” tambah Mudasir.

Bagikan:

One thought on “Ingin Terbebas dari Macet, Pengendara Abaikan Bahaya Lawan Arah di Jalan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *